Modul Ajar Bahasa Indonesia

 


Puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga modul dengan “Tema Teks Anekdot” dapat penulis persembahkan untuk murid-murid SMKN2 Cilegon khususnya dan murid SMK/MAK umumnya. Sholawat serta salam tak lupa selalu kami sampaikan pada junjungan nabiyuna Muhammad SAW.

Modul bahasa Indonesia ini bertujuan memberikan wawasan kepada murid secara langsung dalam pembelajaran yang berbasis kegiatan. Modul ini dapat membentuk kompetensi murid dalam menyajikan gagasan, pengetahuan konkret maupun abstrak serta berlatih berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Modul ini berusaha menyajikan usaha minimal yang harus dilakukan murid  untuk  mencapai kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia. Proses pembelajaran dimulai dari kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap komunikasi yang diperlukan murid dalam lingkungan sosial masyarakat.

Melalui pembelajaran teks anekdots ini, diharapkan murid memiliki sikap kritis dalam menanggapi kritik social dalam masyarakat. Oleh karena itu melalui modul ini pula kami memiliki harapan besar agar siswa mampu memahami, menafsirkan makna dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan modul ini bermanfaat dalam menyiapkan generasi penerus yang mampu bersikap lemah lembut, dan berkualitas di masa yang akan datang.

Tak ada gading yang tak retak, penulis terbuka menerima sumbang saran demi sempurnanya modul-modul berikutnya sehingga menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: