MUDAH MENULIS PANTUN


 MUDAH  MENULIS PANTUN
Penulis: Tri Asih, S.Pd
ISBN: 

Editor: Dr. Sariban, M.Pd., Yonathan Rahardjo
Ilustrasi-desain-tata letak: Studio Syairupa

Penerbit: Majas (Kelompok Penerbit Majas)
Jl. KS Tubun Gang Iro 5 Kadipaten Bojonegoro 62111
Telp./SMS/WA: +6281332258669 
Email: penerbitmajas@gmail.com 
Homepage: http://www.penerbitmajas.com

Distributor: PBG Tuban Jawa Timur
Link/akses ketersediaan buku: https://www.penerbitmajas.com/2022/12/mudah-menulis-pantun.html 
Cetakan Pertama, Februari 2023
Ukuran: 14x20 cm 
Tebal: 84 hlm

Hak cipta dilindungi undang-undang
Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan cara apa pun tanpa izin tertulis dari penerbit
KATA PENGANTAR
Pantun tidak hanya produk budaya asli Indonesia  tetapi juga memiliki kekuatan sastra yang tidak dimiliki puisi modern. Begitu  banyak keajaiban yang dapat kita temukan dalam sebuah pantun. Hal ini disebabkan sebuah pantun memiliki arti yang dalam saat ditafsirkan.
Melihat keunikan pantun sebagai sebuah karya sastra, menggugah  hati saya untuk mencoba menulis buku ini. Buku  ini diharapkan nanti dapat digunakan sebagai  salah satu acuan bahan literasi dalam mengajarkan pantun pada anak-anak terutama anak usia sekolah dasar. 
Buku ini diharapkan dapat digunakan sebagai  salah satu buku penunjang pembelajaran yang dapat menambah wawasan pendidik dalam mengajarkan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membahas tentang pantun.
Setiap memiliki kemampuan yang berbeda dalam membaca maupun menulis. Adanya kendala dalam menulis  pantun  yang dialami para siswa menjadi latar belakang penyusunan buku  ini. Dalam buku ini terdapat langkah-langkah menulis pantun yang dapat membantu agar bisa belajar  menulis pantun. Pembelajaran materi pantun dapat diajarkan salah satunya dengan menggunakan media  pembelajaran kartu “ISAP”.
Dengan mengetahui cara menulis pantun, semoga siswa dan umumnya pembaca semakin mengenal dan mencintai pantun yang termasuk warisan budaya, agar pantun dapat semakin berkembang dan lestari.
Selamat berkarya!

Tidak ada komentar: