TERAMPIL BERPIKIR DAN BERTINDAK


TERAMPIL BERPIKIR DAN BERTINDAK

Penulis: Yosie Kristin Pandriyani 

QRCBN: 62-1311-8016-356


Editor: Emi Sudarwati, Yonathan Rahardjo 

Ilustrasi-desain-tata letak: Studio Syairupa


Penerbit: Praktek Mandiri

Kelompok Penerbit Majas


Ukuran: 14x20 cm

Tebal: 104 hlm

Cetakan pertama, Oktober 2022


Kualitas pemimpin masa depan ditentukan oleh kualitas guru dan proses pembelajaran hari ini. Strategi pembelajaran menjadi penuntun langkah-langkah dalam mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, membuat.

Semua ini sebagai jembatan kesuksesan bagi peserta didik dengan meningkatkan keterampilan berpikir dan bertindak mandiri peserta didik. Katakanlah ini melalui penerapan Engineering Design Process (EDP).

Dengan metode ini, peserta didik memiliki keterampilan sangat baik, dalam: (1) Melakukan prosedur akademik yang harus dilalui untuk menyelesaikan tugas belajar, (2) Melakukan kerjasama untuk menyelesaikan tugas belajar (3) Memahami cara atau teknik mengumpulkan gagasan atau ide untuk menyelesaikan tugas belajar (4) Bersikap mandiri, profesional, pantang menyerah, percaya diri, untuk menyelesaikan tugas belajar.

Implementasi sintak pembelajaran Engineering Design Process (EDP), dilaksanakan pada kegiatan dengan langkah berikut

Ask; Peserta didik mendapat beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang macam-macam hal yang dikelompokkan.

Imagine; Peserta didik membaca teks tentang klasifikasi hal tersebut menggunakan kunci determinasi dan bagan dikotom.

Plan; Secara kelompok peserta didik mengelompokkan hal tersebut pada kertas karton berbentuk bagan dikotom yang telah diberi keterangan berdasarkan ciri-ciri kekerabatannya dengan menggunakan kunci determinasi.

Creat; Mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatif (4 peserta didik setiap kelompok).

Test; Peserta didik secara berkelompok, mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku paket dan buku referensi terkait proses observasi membuat kunci determinasi dengan menggunakan kartu klasifikasi hal tersebut.

Communicate; Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan tentang observasi membuat kunci determinasi dengan menggunakan kartu klasifikasi hal tersebut.

Improve; Berdasarkan hasil uji coba menggunakan kartu klasifikasi hal tersebut peserta didik dapat membuat kunci determinasi/kunci dikotom berdasarkan ciri-ciri dari kekerabatannya yang telah disusun melalui bagan kunci determinasi.


Tidak ada komentar: