CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN TERPADU BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH



CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN TERPADU BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH
Penulis: Agung Priyo Pidekso, S.Pd. 
Kontributor Dra. Maya Triwuri Handayani, Ir. Mus Mualim, MM
ISBN: 

Editor: Dr. Sariban, M.Pd., Yonathan Rahardjo 
Ilustrasi-desain-tata letak: Studio Syairupa 
Penerbit: Praktek Mandiri (Kelompok Penerbit Majas) 
Jl. KS Tubun Gang Iro 5 Kadipaten Bojonegoro 62111 Telp./SMS/WA: +6281332258669 Email: penerbitmajas@gmail.com Homepage: http://www.penerbitmajas.com 

Distributor: PBG Tuban Jawa Timur Link/akses ketersediaan buku: https://www.penerbitmajas.com/2022/12/bagaimana-membuat-laporan-keuangan.html Cetakan Pertama, Februari 2023 Ukuran: 21x29 cm Tebal: 70 hlm Hak cipta dilindungi undang-undang Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan cara apa pun tanpa izin tertulis dari penerbit 

KATA PENGANTAR 

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 48, mengamanatkan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Untuk menjembatani antara penerimaan dan pengeluaran sekolah, agar prinsip akuntabiltas dan transparan dicapai, para pengguna membutuhkan cara Penggunaan Software Laporan Keuangan Terpadu. 

Buku ini dapat dimanfaatkan secara luas oleh berbagai kalangan terutama yang terkait. Dengan memanfaatkan buku ini operator dapat menggunakan sofware Laporan Keuangan Terpadu sebagai bagian penting dari tata kelola sekolah (school governance), yaitu transparansi dan akuntabilitas manajemen sekolah. 

Dalam buku ini akan dijelaskan tentang konfigurasi sistem operasi software laporan keuangan terpadu (LKT), langkah-langkah penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), langkah-langkah input transaksi realisasi, pembukuan dan pelaporan. 

Laporan keuangan, atau secara umum pertanggungjawaban keuangan, merupakan hal yang tak terpisahkan dengan pengalokasian dana kepada sekolah. LKT adalah sistem dan mekanisme pelaporan yang baik, efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas penggunaan dana di sekolah akan sangat tergantung pada “integritas” pengelola keuangan di sekolah, khususnya Kepala Sekolah. 

LKT merupakan sistem pelaporan yang dapat meminimalkan penyalahgunaan uang di sekolah. Yang perlu dipahami bahwa LKT hanyalah tools atau alat bantu yang dapat membantu sekolah dalam mempertanggungjawabkan keuangan dan LKT tidak akan ada manfaatnya jika dalam pelaksanaan atau pengelolaan keuangan tidak didukung dengan bukti fisik yang sesuai dan sah menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dengan membaca dan menerapkan isi buku ini dapat membantu sekolah dalam mempertanggungjawabkan keuangan sekolah, sehingga prinsip akuntabilitas, efisien dan transparan dapat tercapai. Dengan demikian membantu pemerintah kabupaten/kota dalam merencanakan dan menentukan kebijakan pendanaan pendidikan. 

Selamat membaca!

Tidak ada komentar: