Jumat, 27 November 2020

Pelatihan | Belajar Menulis Cerkak Bersama Djajus Pete

 http://jurnalmojo.com/2020/11/26/belajar-menulis-cerkak-bersama-djajus-pete/

Djajus Pete bersama Komunitas Penulis Cerkak  (Slamet Widodo for jurnalMojo.com)

Belajar Menulis Cerkak Bersama Djajus Pete

BOJONEGORO (jurnalMojo.com) — Sanggar Sumilak Balen, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan calon tutor menulis cerita cekak (Cerkak), Minggu (22/11/2020).

Kegiatan yang didukung oleh TBM Kinanthi, Penerbit Majas, Yayasan 3 Srikandi Sejati (Y3SS), dan KBM Bojonegoro ini diadakan di Cafe K-Noman Bojonegoro.

Menghadirkan narasumber kondang, Djajus Pete, penulis cerkak asli Bojonegoro yang namanya sudah masyhur hingga mancanegara. Pada kesempatan tersebut, ia memperkenalkan buku kumpulan cerkak terbarunya, dengan judul “Manuk-manuk Mabur”.

“Pesertanya terbatas. Hanya lima belas orang. Semuanya guru dari berbagai lembaga pendidikan. Agar hasilnya bisa maksimal,” tutur Emi Sudarwati, salah satu panitia dan juga pemilik TBM Kinanthi Baureno Bojonegoro ini.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Lestari, yang juga pendiri Sanggar Sumilak, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk mencetak tutor yang ahli dalam menulis cerkak.

“Nantinya ilmu yang didapat pada hari ini, bisa ditularkan kepada orang lain, terutama kepada siswa,” jelasnya.

Djajus Pete menyampaikan teknik menulis cerkak yang baik dan benar. Ia juga berbagi tips dan trik mudah menulis cerkak. “Sebelum menulis sebuah cerkak, alur, tokoh, konflik harus sudah terpikirkan dengan tuntas. Sehingga dalam menulis tidak mengalami macet,” tuturnya.

Mbah Djajus, sapaan akrabnya, menyampaikan materi dengan gaya khasnya, santai, sambil menghisap rokok kelobot dan menyeruput secangkir kopi yang ada di depannya.

Seluruh peserta larut mendengarkan wejangan-wejangan Mbah Djajus dari awal hingga akhir acara. Sehingga acara berjalan hampir tiga jam lebih, serasa baru sebentar.

“Lah kok sudah selesai? Padahal baru sebentar,” tutur Lila Kavya, salah satu peserta. (met/jek)

Tidak ada komentar:

Terbaru