Sabtu, 15 Februari 2020

Buku | Ringkasan Kitab Suci Perjanjian Lama


Ringkasan Kitab Suci Perjanjian Lama
Penyusun: Antonius Abimantrono, CM
Ukuran Kertas: B5 (15x23 cm)
Tebal: 376 hlm

PENGANTAR 
“RINGKASAN KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA”


Apa boleh meringkas Firman Tuhan?
Ketika Tobia berangkat ke Media ditemani malaikat Rafael yang menyamar sebagai Azarya, “anjingnya pun mengikuti mereka” (Tob.6:1). Dua kali anjing itu disebut: ketika berangkat dan ketika pulang (11:4). Dalam meringkas bolehkah kita menghilangkan “anjing yang setia” itu, yang NB. tertulis oleh inspirasi Roh Kudus? Sebab kalimat kecil Firman itu kita anggap “kurang penting”?
Itulah ketegangan yang kami hadapi dalam mengerjakan Ringkasan ini. Di satu pihak ingin memberi ringkasan Sabda, di lain pihak ingin mempertahankan keutuhan pesan dari surga.
Ringkasan ini dibuat untuk umat zaman sekarang yang gemetar melihat tebalnya Kitab Suci, yang hurufnya lumayan kecil memakan hampir 2300 halaman. Maksudnya agar umat dapat mendapat gambaran Sabda secara ringkas dan dengan segera menemukan tempat Sabda, konteksnya dan latar belakangnya.
Tentu ada risiko bahwa kita tidak menemukan Sabda Tuhan, tetapi hanya melihat kerangkanya yang kering dan abstrak. Maka ringkasan ini hendaknya dipakai sekedar jembatan untuk membuka Kitab suci yang lebih lengkap. Sejauh dipakai dan dikutip dalam penggunaan liturgi, Sabda di sini diusahakan tampil seutuhnya. 
Referensinya juga terbatas: dari “Bible Jerusalem” yang diterjemahkan Nusa Indah dengan pengantar dan footnote-nya yang lengkap; Tafsir Alkitab Perjanjian Lama dari LBI (Dianne Bergant); Roman’s Woordenboek (A.van den Born).

Penyusun (2020)

Tidak ada komentar:

Terbaru