Minggu, 20 Maret 2011

Pacar Cantik di Kapalselamku

"PACAR CANTIK DI KAPALSELAMKU'
Sinopsis dan Endorsement


Seorang matros ALRI yang dalam rangka mengikuti pendidikan dan pelatihan kapalselam di Rusia kecantol cewek sana. Saat pulang ke tanah air bertepatan dengan awal berkecamuknya zaman TRIKORA, adalah zaman seluruh bangsa Indonesia melalui angkatan perangnya berusaha merebut kembali Irian Barat yang masih dikuasai Belanda. Keadaan tersebut merupakan kesempatan bagi si matros untuk mempraktekkan teori dan taktik-taktik ilmu kapalselamnya bersama kesatuan-kesatuan tempur lainnya dalam menghadapi armada Belanda. Begitu tugas selesai dan Irian Barat (lalu jadi Irian Jaya, kini Papua) berhasil kembali ke pangkuan RI tanpa perang, sang matros ingin cepat-cepat menyelesaikan masalah ceweknya yang masih di Rusia. Ternyata ada cewek lain usulan ibu. Apa pemberat sebabnya? Peristiwa G30S PKI. Persoalan rumitlah.Cerita ini juga mengisahkan episode-episode gejolak batin keluarga pihak calon isteri matros, problem bapak serta yang tidak disangka nasib kapalselamnya sendiri- tak ketinggalan saat itu sedang gencar-gencamya intrik antara blok Barat dan blok Timur. Nasib cewek asal kampung sendiri, juga yang dari Rusia? Ramailah diuraikan. Selain itu kehidupan keAngkatanLautan khususnya yang di dalam kapalselam seperti masih sangat langka dibicarakan dan karya Rahmat Ali Purnawirawan Perwira AL ini berusaha mengungkapkannya secara sekilas.
(Rahmat Ali, Sang Pengarang)

CINTA, SEJARAH POLITIK LEWAT "TATAPAN MATA PELAUT"
"Pacar Cantik di Kapal Selamku", novel tebal yang sangat realis dan begitu detail mengungkapkan tiap persoalan dari mulai kapal laut, perihal cara mengeniudikan kapal, arch masa angin, nama-nama kota di Rusia,
memperlihatkan kefasihan si pengarang, dan kesabarannya meniti kisah lewat pandangan si tokoh utama, dengan detail informasi, latar dan alur yang mendetail. Kisah ini memang mengalir dengan pola flashback. Si tokoh utama berkisah tentang masa lalu yang dikenangnya: dua gadis yang dikenalnya dengan dekat, gadis Rusia dan gadis Indonesia. Dari situlah, kemudian waktu melompat ke masa lalu, kemudian menjadi pemantik utamanya untuk bercerita tentang kisah masa lalunya saat menjadi pelaut muda lengkap dengan pengembaraannya ke setiap negeri termasuk di Rusia.
(Sihar Ramses Simatupang, Penyair, Cerpenis, Novelis)

RAHMAT ALI ADALAH SEBUAH FENOMENA
Rahmat Ali adalah Sastrawan Indonesia yang sudah menulis sejak lama, Sastrawan Senior bagi angkatan muda yang karya-karyanya patut dihargai, seiring produktivitasnya yang mengalir menderu seperti air bah sekaligus angin kuat yang selalu berhembus dan mengalir. Ia telah makan asam garam menelurkan berbagai karya sastra di berbagai media dan buku seperti tertulis pada riwayat tentangnya. Tumpukan karya itu.kami jumpai langsung di tempat tinggalnya, Sastrawan Purnawirawan Perwira KKO, Marinir Angkatan Laut, Kesatuan Tentara Nasional Indonesia yang sangat bergengsi yang rendah hati ini, dengan berbagai pengalaman segudang, sudah melanglang ke berbagai belahan bumi, dan menjabat berbagai posisi penting di bidang permuseuman dan pariwisata. Memperkuat materi cerita sentuhan karyanya yang dijamin mampu memuaskan pembaca.
(Penerbit Majas)

Tidak ada komentar: